Ambon Kembali Aman

Ambon : Kini Sudah Pulih Kembali

Dalam kontek Retail Risk Management, situasi kamtibmas di daerah dimana ada outlet atau kantor cabang yang berada di daerah, juga harus dipantau dari waktu ke waktu. Termasuk diantaranya, situasi di Ambon bila kita punya kepentingan bisnis di sana.

Sebagaimana yang diberitakan di sejumlah media, kejadian kerusuhan / bentrok antar warga di perbatasan Desa Batu Merah Kampung dengan Kompleks Kesatria Asrama Batu Merah Dalam, Kec. Sirimau, Kota Ambon terjadi pada hari Jumat 23.00 WIT, 9 Juli s/d Sabtu 10 Juli 2010 dinihari. Kejadian sebelumnya terjadi pada tanggal 14 Juni dan 3 Juli 2010.

Berdamai

Dampak :

* 1 warga Batu Merah Kampung tewas & 4 lainnya luka-luka, 7 rumah & 1 sepeda motor milik warga Batu Merah Dalam dibakar massa. Sejumlah rumah lainnya juga rusak berat akibat dilempari batu. Bentrokan antardua desa tersebut merupakan kali ketiga dalam beberapa pekan terakhir.

* Divisi Risk Management perlu memastikan dengan menghubungi Branch Manager untuk memastikan bahwa tidak ada dampak siginifikan atas kejadian kerusuhan terhadap operasional (sales) di kantor cabang / outlet.

Penyebab :

* Diduga karena dendam lama dan adanya sedikit salah paham. Bentrok diawali aksi saling ejek kemudian berkembang menjadi saling lempar batu antarpemuda dua desa. Insiden akhirnya melebar sampai pembakaran dan penganiayaan.

Situasi Terakhir :

* Saat ini polisi sedang menyelidiki & masih mengumpulkan fakta-fakta di lapangan. Saksi-saksi juga sedang ditelusuri untuk dimintai keterangan
* Untuk mengantisipasi bentrok susulan, 98 personel gabungan diturunkan dari Brimob, Propam, dan Dit Samapta Polda Maluku, serta personel dari Samapta Polres Ambon dan ditempatkan di dua desa yang bertikai.
* Kondisi keamanan di dua wilayah itu saat ini sudah membaik dan aktivitas berjalan normal kembali.

Himbauan Aparat :

* Kapolres Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Didik Agung Widjanarko mengimbau warga di dua desa tersebut menahan diri dan tidak terpancing oleh berbagai isu yang dapat memperkeruh suasana.
gambar pada saat Aparat berjaga-jaga waktu rusuh

Aparat

Harapan Masyarakat :

* Ambon cepat pulih, dan pemerintah dan aparat keamanan diminta cepat mencegah kejadian yang sama di kemudian hari. Antara lain dengan menjaga lebih ketat perbatasan kedua kampong. Bila perlu dibuat posko keamanan agar bentrokan tak terus terjadi.

Tugas Branch Manager :

* Tetap pantau kondisi kamtibmas di radius 5 km dari kantor cabang / toko, dan berlakukan Siaga II (secara internal) setidaknya hingga 25 Juli 2010.
* Jalankan BCP Antisipasi Kerusuhan. Pastikan semua karyawan mengetahui langkah-langkah darurat untuk mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari.
* Bila ada karyawan yang berasal dari area bentrokan, pastikan ia mendapat memahami fakta kejadian sepenuhnya dan tidak terlibat atau terprovokasi isu-isu yang berkembang.
* Jangan memberikan pernyataan apa pun berkait kerusuhan dan dampaknya kepada pihak ketiga.
* Koordinasikan langkah-langkah pengamanan dengan Building Management, bila perlu berikan tambahan pengamanan aparat keamanan di sekitar Kantor Cabang kita.

Sumber : http://metronews.fajar.co.id, kompas 11 Juli 2010, http://berita.liputan6.com, http://www.jawapos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: