Wisata kuliner

PAPEDA DAN IKAN KUAH KUNING

Belum lengkap makan tanpa Papeda, begitulah kata orang-orang ambon, makanan yang bersal dari sagu mentah ini bernama Papeda, papeda biasanya dimakan dengan ikan kuah kuning, jangan tanya rsanya, kalo kata orang ambon “Paleng Sadap Seng Ada Lawang” yang artinya sangat enak dan tidak ada tandinganya.

Papeda merupakan makanan Tradisional Propinsi Maluku,Ambon. makanan ini sudah menjadi turun temurun bagi anak cucu orang ambon, orang ambon biasanya sebelum makan nasi terlebih dahulu memakan papeda, selanjutnya baru makan nasi.

Papeda terlihat seperti Lem, karena makanan ini teksturnya kenyal, dan rasanya tawar, sehingga orang ambon memilih makanan pendamping papeda dengan ikan kuah kuning dan juga kelapa sisi , yaitu kelapa tua yang dipotong sedang dan dimakan mentah, tapi sayang sekali, walaupun saya orang asli AMBON tetapi saya tidak suka dengan papeda, karena saya sudah terbiasa dari kecil tidak suka makanan khas daerah saya yang satu ini sehingga terbawa-bawa sampai sekarang.

dan bagi yang ingin mengunjungi Kota Ambon silahkan mencoba Kuliner yang satu ini, dijamin Maknyooosss, kata adik saya yang sangat doyan Papeda. hhheeee

IKAN ASAP

Ikan Asap atau yang menurut bahasa AMBON Ikan Asar, merupakan makanan ikan segar yang bersumber dari hasil tangkapan lautmasyarakat setempat yang banyak di sukai, dan termasuk jenis ikan dari ikan Tongkol dan Ikan Tuna.Di kota saya , tidak sulit untuk mencari makanan ini, Anda cukup berjalan menuju kawasan Galala dan pasar PLTD akan ditemukan banyak berjejer kios pedagang yang memajang daganganya dengan berbagai jenis ikan asap dengan berbagai ukuran dan jenisnyaikan asap ini cocoknya dimakan dengan nasi dan sambal COLO-COLO,, wiihhh, mantepp banget pokonya. berikut adalah gambarnya.

KOPI JOAS

Mari berkunjung ke Kopi Tradisi Joas. Rumah Kopi ini terletak di Pangkalan Taksi. Kopi Joas menyajikan berbagai rasa kopi mulai kopi jahe, kopi susu, kopi hitam serta minuman lainnya. Yang terkenal dari Rumah kopi ini adalah Kopi Susu yang disajikan dengan pisang goreng dan kue Popercis.

Rumah kopi tersebut banyak dikunjungi Nyong – Nyong Ambon yang ingin memanfaatkan waktu ngobrol dengan teman – temannya. Rumah Kopi Joas terletak strategis ditepi jalan, sehingga memudahkan pengunjung untuk mampir. Rasa Kopi Susu Joas tak kalah dengan Kopi Sanger Banda Aceh maupun Kopi Phoenam Makassar. Maknyuss deh….

NASI KUNING BAGADANG

Nasi Kuning Bagadang……….nasi yang mulai dijual dari malam hingga subuh. Terletak di Pusat Kota, sekitar mesjid Al Fatah. Hanya dengan Rp. 9.000,-, lauk sayuran dan ikan sudah sangat kenyang di santap. Jangan ragu – ragu untuk bertanya pada orang Ambon dimana lokasi penjual Nasi Kuning yang enak. Karena sangat banyak penjual nasi kuning di Ambon.

NASI KELAPA

Nasi Kelapa Batu Merah, mulai dibuka sejak Magrib. Aneka lauk seperti ikan bakar, ikan asin, telur, gorengan jagung, telur asin merupakan pilihan menu dengan Nasi Kelapa. Tak jauh dari rasa Nasi Uduk, ciri khas utama dari Nasi Kelapa ini adalah tambahan sambal kelapanya.

KOPI SIBU-SIBU

Wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata di Maluku, tepatnya Kota Ambon, yaitu kedai kopi Walang Kopi Sibu-Sibu. Karena tempat ini menyajikan hidangan kopi khas Pulau Ambon dan suasana ala Hawaian yang sebelumnya jarang ditemui di kota-kota besar.Kopi yang menjadi andalan dari kedai kopi ini adalah kopi Sibu-sibu dan Kopi Rarobang. Jenis kopinya sendiri berasal dari biji kopi Robusta yang sudah dihaluskan dengan cara tradisional, sedangkan komposisi penyajiannya dicampur dengan menggunakan bubuk cengkeh halus, kemudian ditaburi biji ketapang muda sebagai penghias dan pelengkap aroma kopi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: